Submit URL ke Google Kini Bisa Langsung di Pencarian, Lebih Mudah

Apa sih submit URL itu? Jadi, hasil pencarian ketika kita mengetik sebuah keyword di pencarian Google adalah data-data yang Google telah simpan di databasenya. Google mengeluarkan data berdasarkan apa yang kita cari.

Yang harus kita ketahui, sebelum Google menyimpan data website kita ke dalam databasenya, tentunya Google harus melakukan pengambilan data terlebih dahulu ke website kita. Ada 2 cara yang memungkinkan. Pertama adalah GOogle sendiri yang datang ke website kita, dalam hal ini dilkaukan oleh Google Bot (sebutan untuk robot Google). Kemudian yang kedua adalah kita sendiri yang mengirim data update website kita ke Google. Data dalam hal ini adalah sebuah halaman baru.

Sebelumnya

Sebelumnya, jika kita ingin melakukan submit data baru ke Google, kita harus masuk dulu ke halaman khusus yang di siapkan di link -> https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url
 

Sekarang

Kini Google lebih memudahkan. Kita cukup mengetikkan keyword "submit url" atau "submit url to google" di kolom pencarian, lalu box untuk submit url langsung muncul di hasil pencarian


Caranya?

  1. Ketik "submit url"
    Ketik  "submit url" atau "submit url to google", maka akan muncul seperti di bawah ini

  2. Muncul box
    Selanjutnya akan muncul seperti ini


  3. Masukkan link dan submit
    Copy dan paste link update terbaru website kamu, kemudian klik verifikasi Captcha. Jika sudah klik tombol submit


     
  1. Selesai
  1. Selanjutnya, muncul pesan  "Page may not immediately rank high in Search results, but can improve over time. Monitor your site's search traffic in Search Console" yang artinya url website kamu tersebut berhasil di submit.


Catatan

Perlu anda ketahui, bahwa, data yang kita submit tidak langsung berefek pada ranking website kita di Google, namun tetap ada kelebiahnnaya. Salah satunya adalah untuk memberitahu Google bahwa website kita selalu update, agar Google berkunjung lebih sering ke website kita di waktu selanjutnya.

Semoga tulisan ini bermanfaat..